Minggu, September 20

MENULIS


            Menulis suatu hal yang menjadikan tahu seseorang tentang apapun itu. Tapi, sebelum kita menulis masih ada sesuatu yang harus dilampaui seperti syarat agar kita dapat menulis dengan lancar, benar, dan tidak kehabisan  ide tentang apa yang kita tulis. Menurut pak Jazeri pengampu mata kuliah bahasa Indonesia, ada tiga syarat Dalam menulis  yaitu dibutuhkan rajinnya seseorang membaca, mendengar, dan melihat. Dengan begitu kita bisa menulis dengan lancar dan tidak kehabisan ide. Di sini saya akan membahas satu per satu mengenai syarat-syarat sebelum menulis.
            Saya ambil dulu syarat pertama membaca. Dengan membaca kita bisa tahu apa yang harus kita tulis. Karena, dengan ini kita bisa menyerap informasi-informasi  dari bebagai aspek. Contohnya membaca sebuah  majalah, artikel, koran, novel, cerpen, dan masih banyak lagi. dengan membaca kita juga bisa membandingkan antara buku satu dengan buku yang lain. Seperti perbedaan teori-teori yang diungkapkan para tokoh. Jadi, perbanyaklah membaca agar jendela ilmu kita bisa terbuka, kaya akan informasi, dan  juga tidak kebingungan dalam menulis. Mendengar atau adalah suatu pekerjaan yang dimiliki semua orang dengan alat telinga, dengan begitu semua orang pasti mendengar apa yang didengarnya tentang suatu informasi. Seperti contohnya mendengarkan radio, tv, pembicaraan orang, dan lain sebagainya. Untuk yang terakir yaitu melihat atau visual, ini adalah salah satu inti dari menulis karena jika kita tidak bisa melihat atau tunanetra, kita akan sulit untuk menulis walaupun masih banyak orang tunanetra yang dapat menulis dan itu tidak menutup kemungkinan bagi orang yang tunanetra tidak bisa menulis.
            Ketika semua syarat sudah terlampaui dengan baik kita akan lancar dalam menulis, jika masih belum lancar berarati itu masih kurang di suatu syarat tadi, dan kita harus lebih giat lagi memenuhi syarat-syarat tadi. Dengan begitu kita bisa menarik kesimpulan tentang informasi, ide, opini, fakta, dan perenungan  yang harus kita tulis.
            Dalam menulis terdapat kegunaan yang sangat berarti bagi khalayak manusia. Karena, dengan menulis kita dapat menyebarkan suatu ilmu yang kita miliki. Menurut Pramoedya Anantatoer penulis buku tetralogi Bumi Manusia, mengatakan “orang boleh tinggi setinggi langit tapi selama dia tidak menulis ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian". Sudah jelas di ungkapan di situ, dengan menulis kita juga dapat terkenang oleh zaman.  Juga, secara tidak sengaja kita menyebarkan ilmu kita yang kita miliki kepada orang lain. Dalam menulis kita juga dapat merevisinya. Jadi, kita tidak perlu segera menyelesaikan tulisan kita. karena di waktu kita membaca, mendengarkan, dan melihat kita pasti mendapat inspirasi lagi.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar