Minggu, November 15

Tasawuf Psikoterapi

Tasawuf Psikoterapi adalah salah satu jurusan di fakultas ushuluddin yang bertempat pada kampus IAIN Tulungagung,  yang di situ banyak dari berbagai fakultas-fakultas yang lain, dan banyak jurusan yang lainnya. Di jurusan Tasawuf Psikoteapi (TP) ini ada dua ilmu dalam pembahasannya yaitu ilmu Tasawuf dan ilmu psikoterapi.
Tasawuf yang berasal dari kata ash-syufa yang artinya wol, atau dapat diartikan meninggalakan segala sesuatu yang berkaitan dengan duniawi dan hanya menghadap kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tapi, dalam realita sekarang banyak orang-orang yang tak bisa meninggalkan duniawi yang semakin lama semakin modern. Lalu bagaimana cara orang-orang yang mendalami ilmu tasawuf dengan tidak ketinggalan zaman?. Orang  yang hidup pada zaman sekarang tentunya yang mendalami Ilmu ini tak perlu lari dari duniawi karena dengan mempraktekannya ke masyarakat yang semakin modern secara aktif maka ilmu tasawuf ini akan membantu dalam mengingatkan mereka, kepada nilai-nilai moral yang bersumber dari agama.
Yang kedua adalah ilmu Psikoterapi yang dapat di pisah psikis dan terapis, disini psikis dapat diartikan secara harfiah yaitu jiwa, dan terapi atau bisa di sebut dengan cara pengobatannya, dan merawatnya. Jadi, jika dilihat secara penggabungan katanya ilmu psikotarapi adalah ilmu yang mengobati atau merawat jiwa dengan menggunakan ilmu-ilmu psikologi yang sebagai objek penerapannya adalah manusia. Dengan pengertian-pengertian ini orang-orang dapat berpikir jika ilmu ini sangat modern sekali atau sangat berkembang di dunia.
jika dilihat dari sedikit pengertian-pengetian di atas seharusnya TP disini di pisahkan dalam penjursan masing-masing. Tapi, dalam realitanya tidak. Ya, karena disini mencoba memadukan keduanya antara tuhan dan manusia. Maksudnya, adalah seseorang yang sudah sangat memahami ilmu ini dalam penerapannya, maka orang ini akan melakukan pendekatan kepada manusia dengan nilai-nilai moral yang bersumber murni dari  agama atau tuhan.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar